KUTIPAN
Penjelasan
Kutipan merupakan Kutipan, sebuah kata yang mungkin semua orang belum mengetahui maksudnya apa. Disini saya akan mengulas sedikit mengenai kutipan. Kutipan adalah gagasan, ide, pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip. Gagasan itu bisa diambil dari kamus, ensiklopedi, artikel, laporan, buku, majalah, internet, dan lain sebagainya.
Dalam tulisan ilmiah, baik berupa artikel, karya tulis, skripsi, tesis, dan disertasi selalu terdapat kutipan. Kutipan adalah pengokohan argumentasi dalam sebuah karangan. Seorang penulis tidak perlu membuang waktu untuk menyelidiki suatu hal yang sudah dibuktikan kebenarannya oleh penulis lain, penulis cukup mengutip karya orang lain tersebut. Dengan demikian kutipan memiliki fungsi sebagai:
a. landasan teori
b. penguat pendapat penulis
c. penjelasan suatu uraian
d. bahan bukti untuk menunjang pendapat itu
Berdasarkan fungsi di atas seorang penulis harus memperhatikan hal-hal berikut:
1) penulis mempertimbangkan bahwa kutipan itu perlu
2) penulis bertanggung jawab penuh terhadap ketepatan dan ketelitian kutipan
3) kutipan dapat terkait dengan penemuan teori
4) jangan terlalu banyak mempergunakan kutipan langsung
5) penulis mempertimbangkan jenis kutipan, kutipan langsung atau kutipan tak langsung
6) perhatikan teknik penulisan kutipan dan kaitannya dengan sumber rujukan
Fungsi Kutipan
Kutipan memiliki fungsi tersendiri. Fungsi dari kutipan adalah sebagai berikut :
1) Menunjukkan kualitas ilmih yang lebih tinggi.
2) Menunjukkan kecermatan yang lebih akurat.
3) Memudahkan penilaian penggunaan sumber dana.
4) Memudahkan pembedaan data pustaka dan ketergantungan tambahan.
5) Mencegah pengulangan penulisan data pustaka.
6) Meningkatkan estetika penulisan.
7) Memudahkan peninjauan kembali penggunaan referensi, dan memudahkan penyuntingan naskah yang terkait dengan data pustaka.
Jenis/Macam-Macam Kutipan
a. Kutipan langsung
Kutipan Langsung ialah kutipan yang sama persis dengan teks aslinya,tidak boleh ada perubahan.Kalau ada hal yang dinilai salah/meragukan,kita beri tanda ( sic! ),yang artinya kita sekedar mengutip sesuai dengan aslinya dan tidak bertanggung jawab atas kesalahan itu.Demikian juga kalau kita menyesuaikan ejaan,memberi huruf kapital,garis bawah,atau huruf miring,kita perlu menjelaskan hal tersebut, missal [ huruf miring dari pengutip ],[ ejaan disesuaikan dengan EYD ],dll. Bila dalam kutipan terdapat huruf atau kata yang salah lalu dibetulkan oleh pengutip,harus digunakan huruf siku [ ….. ].
b. Kutipan tidak lansung ( Kutipan Isi )
Dalam kutipan tidak langsung kita hanya mengambil intisari pendapat yang kita kutip.Kutipan tidak langsung ditulis menyatu dengan teks yang kita buat dan tidak usah diapit tanda petik.Penyebutan sumber dapat dengan sistem catatan kaki,dapat juga dengan sistem catatan langsung ( catatan perut ) seperti telah dicontohkan.
a. Kutipan pada catatan kaki
b. Kutipan atas ucapan lisan
c. Kutipan dalam kutipan
d. Kutipan langsung pada materi
Cara Membuat Kutipan
Penulisan dan pencantuman kutipan dengan pola Harvard ditandai dengan menuliskan nama belakang pengarang, tahun terbit, dan halaman buku yang dikutip di awal atau di akhir kutipan. Data lengkap sumber yang dikutip itu dicantumkan pada daftar pustaka. Ada dua cara dalam mengutip, yakni langsung dan tidak langsung. Kutipan langsung adalah mengutip sesuai dengan sumber aslinya, artinya kalimat-kalimat tidak ada yang diubah. Disebut kutipan tidak langsung jika mengutip dengan cara meringkas kalimat dari sumber aslinya, namun tidak menghilangkan gagasan asli dari sumber tersebut.
Contoh Kutipan
a. Kutipan Langsung
Argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara (Keraf, 1983: 3). ( Contoh kutipan Langsung 1# )
-------------------------------------------------------
Menurut Gorys Keraf dalam bukunya Argumentasi dan Narasi (1983:3), argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara. ( Contoh kutipan Langsung 2# )
--------------------------------------------------------
Argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara 1 ( Contoh kutipan Langsung 3# )
b. Kutipan Tidak Langsung
Seperti dikatakan oleh Gorys Keraf (1983:3) bahwa argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yangdikatakan penulis. ( Contoh kutipan Tidak Langsung 1# )
-------------------------------------------------------
Argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis (Keraf, 1983:3). ( Contoh kutipan Tidak Langsung 2# )
-------------------------------------------------------
Argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis1). ( Contoh kutipan Tidak Langsung 3# )
Seperti halnya penulisan data, penulisan kutipan (referensi) ini juga harus menyebutkan sumber kutipan tersebut. Seperti contoh di atas menyebutkan bahwa sumber diambil dari buku karangan Gorys Keraf, yang terbit pada tahun 1983, dan sumber tersebut terdapat di halaman 3. Informasi mengenai penerbit dan judul buku dapat dilihat di Daftar Pustaka atau Bibliografi. Pada contoh terakhir hanya ditulis angka 1, menyatakan bahwa keterangan sumber dicantumkan di bawah halaman yang disebut dengan catatan kaki.
DAFTAR PUSTAKA
Pengertian Daftar Pustaka
Definisi daftar pustaka menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit dsb yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan atau bku dan disusun berdasarkan abjad. Daftar sendiri didefinisikan sebagai catatan sejumlah nama atau hal yang disususn berderet dari atas ke bawah. Salah satu fungsi dari daftar pustaka adalah untuk memberikan arah bagi para pembaca buku atau karya tulis yang ingin meneruskan kajian atau untuk melakukan pengecekan ulang terhadap karya tulis yang bersangkutan. Fungsi dari daftar pustaka adalah untuk memberikan apresiasi atau penghargaan terhadap penulis buku atau karya tulis yang dirujuk terhadap hasil karyanya yang turut menyumbang peraran dalam penulisan karya tulis yang kita tulis. Dan fungsi lain daftar pustaka yang tak kalah penting adalah menjaga profesionalitas kita (jika kita sebagai seorang penulis karya tulis) terhadap tulisan yang kita buat.
Cara dan Contoh Membuat Daftar Pustaka
Berikut ini merupakan contoh dari bagaimana penulisan daftar pustaka pada penulisan makalah, skripsi atau penelitian dan lain sebagainya.
1. Penulisan daftar pustaka dalam pengambilan data dari internet, pertama; tulis nama, kedua; tulis (tahun buku atau tulisan dibuat dalam tanda kurung) setelah itu beri (tanda titik), ketiga; tulis judul buku/tulisannya lalu beri (tanda titik) lagi, keempat; tulis alamat websitenya gunakan kata (from) untuk awal judul web dll setelah itu beri tanda koma, kelima; tulis tanggal pengambilan data tersebut ok. Seperti contoh dibawah ini:
- Albarda (2004). Strategi Implementasi TI untuk Tata Kelola Organisasi (IT Governance). From http://rachdian.com/index2.php?option=com_docman&task=doc_view&gid=27&Itemid=30, 3 August 2008
2. Penulisan daftar pustaka dalam pengambilan data dari buku, pertama; penulisan nama untuk awal menggunakan huruf besar terlebih dahulu setelah nama belakang ditulis beri (tanda koma), dimulai dari nama belakang lalu beri (tanda koma) dan dilanjutkan dengan nama depan, kedua; tahun pembuatan atau penerbitan buku, ketiga; judul bukunya ingat ditulis dengan mengunakan huruf miring setelah judul gunakan (tanda titik), keempat; tempat diterbitkannya setelah tempat penerbitan gunakan (tanda titik dua), dan kelima; penerbit buku tersebut diakhiri dengan (tanda titik). Seperti contoh dibawah ini:
- Peranginangin, Kasiman (2006). Aplikasi Web dengan PHP dan MySql. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
- Soekirno, Harimurti ( 2005). Cara Mudah Menginstall Web Server Berbasis Windows Server 2003. Jakarta: Elex Media Komputindo.
3. Penulisan daftar pustaka yang lebih dari satu/dua orang penulis dalam buku yang sama. Pertama tulis nama belakang dari penulis yang pertama setelah nama belakang beri (tanda koma) lalu tulis nama depan jika nama depan berupa singkatan tulis saja singkatan itu setelah nama pertama selesai beri (tanda titik) lalu beri (tanda koma) untuk nama kedua / ketiga ditulis sama seperti nama sali alis tidak ada perubahan, yang berubah penulisannya hanya orang pertama sedangkan orang kedua dan ketiga tetap. Setelah penulisan nama kedua selesai, nah jika tiga penulis gunakan tanda dan (&) pada nama terakhir begitupula jika penulisnya hanya dua orang saja, setelah penulisan nama selesai, Kedua; tahun pembuatan atau cetakan buku tersebut dengan diawali [tanda kurung buka dan kurung tutup/ ( )] setelah itu beri (tanda titik). Ketiga; judul buku atau karangan setelah itu beri (tanda koma) dan ditulis dengan huruf miring ok. keempat; yaitu penulisan tempat penerbitan/cetakan setelah itu beri (tanda titik dua : ) dan terakhir kelima; nama perusahaan penerbit buku atau tulisan tersebut dan diakhiri (tanda titik) ok. Untuk gelar akademik tidak ditulis dalam penulisan daftar pustaka. Nah ini contohnya Seperti dibawah ini:
- Suteja, B.R., Sarapung, J.A, & Handaya, W.B.T. (2008). Memasuki Dunia E-Learning, Bandung: Penerbit Informatika.
- Whitten, J.L.,Bentley, L.D., Dittman, K.C. (2004). Systems Analysis and Design Methods. Indianapolis: McGraw-Hill Education.
Perlu diingat juga untuk penulisan daftar pustaka yang banyak harus berurutan penulisannya. Nama dari sumber yang diambil sebagai daftar putaka ditulis berdasarkan urutan Abjad dari nama masing-masing tersebut, dimulai dengan Abjad A-Z itulah urutan penulisan daftar pustaka yang baik yaitu sesuai dengan urutan nama-namanya.
http://faisal14.wordpress.com/2009/03/02/cara-menulis-daftar-pustaka/ , http://kangmoes.com/artikel-tips-trik-ide-menarik-kreatif.ulasan/daftar-pustaka.html
ABSTRAK
Penjelasan Abstrak
Abstrak merupakan penyajian singkat mengenai isi tulisan sehingga pada
tulisan ia menjadi bagian tersendiri. Abstrak berfungsi untuk menjelaskan
secara singkat kepada pembaca tentang apa yang terdapat dalam suatu tulisan.
Pada umumnya abstrak diletakkan pada bagian awal sebelum bab-bab penguraian.
Menurut sifatnya, abstrak dapat dibagi menjadi abstrak yang bersifat
deskriptif yang dalam Bahasa Inggris disebut Abstract dan abstrak yang
bersifat informatif. Abstrak informatif terbagi menjadi ringkasan (precise) dan
ikhtisar (summary). Dalam tulisan ilmiah yang disusun untuk memperoleh
gelar lewat penelitian seperti skripsi, tesis dan disertasi, umumnya
jenis abstrak yang digunakan adalah yang berwujud ringkasan, sedangkan
ikhtisar lebih banyak digunakan pada tulisan ilmiah yang diterbitkan
dalam bentuk buku.
Abstrak
Deskriptif atau Abstract
Sebagai abstrak
deskriptif, Abstrak hanya menyajikan uraian yang sangat singkat tentang isi
tulisan tanpa menyatakan apa yang dibahas dalam aspek-aspek yang tercakup
pada tulisan itu sendiri. Dengan kata lain, untuk menjelaskan gagasan utama
yang terdapat pada tulisan, Abstrak cukup disusun dalam kalimat tunggal
sehingga Abstrak tidak memerlukan perincian yang bersifat detil
ataupun contoh-contoh yang bersifat ilustratif. Pandangan penulis tentang
karyanya pun tidak akan tampak dalam Abstrak. Pendek kata, pada Abstrak
penulis hanya menyajikan hal-hal yang bertalian dengan topik atau
menyajikan semata-mata tentang problematika yang terdapat dalam tulisannya.Berikut
di bawah ini merupakan satu contoh abstrak yang diambil dari artikel 3 yang
ditulis oleh Djoni Dwijono, “Mendayagunakan Komputer Pribadi secara
Maksimal dengan Ergonomics” dalam Buletin Informatika No. 13 tahun III/1997,
hlm. 74 :
Konsep
Ergonomics telah melahirkan inovasi-inovasi yang baru di bidang disain mesin
dan selalu berkembang dari waktu ke waktu agar mampu menghasilkan mesin yang
benar-benar memaksimalkan kemampuan dan daya kerja manusia. Akan tetapi dalam
perkembangannya, ergonomics tidak hanya meliputi disain mesin melainkan juga meliputi
cara kerja, prosedur-prosedur maupun lingkungan yang mendukung usaha kerja manusia
berkat penelitian, pengembangan, dan inovasi yang kreatif.
Abstrak
Informatif: Ringkasan (Precise)
Ringkasan
merupakan penyajian singkat tentang isi tulisan dengan memperlihatkan urutan
dari isi atau bab-bab yang terdapat dalam tulisan. Dalam bentuknya yang singkat
itu, urutan tentang isi atau bab-bab tulisan disajikan secara proporsional.
Pada prinsipnya di dalam ringkasan, gagasan dan pendekatan penulis telah tampak
dan problematika berikut upaya pemecahan yang ada dalam tulisan disajikan
berurutan sesuai bab-bab yang ada. Adakalanya ilustrasi juga disertakan dalam
ringkasan. Adapun ringkasan dapat dicontohkan dari karya terjemahan yang
berjudul Komputer: Tantangan Baru di Bidang Hukum yang diterbitkan oleh
Airlangga Universiti Press pada tahun 1991 :
Pembaca tidak
harus memiliki pengetahuan yang mendalam baik dalam bidang Ilmu Hukum maupun
Ilmu Informatika karena buku ini hanya menyajikan suatu sudut pandang
sederhana tentang perubahan yang terjadi dalam ketentuan-ketentuan di bidang hukum
dengan meluasnya penggunaan komputer.
Bab pertama berisi
uraian singkat mengenai cara kerja komputer dan empat bab berikutnya
menguraikan akibat-akibat yuridis dari pengunaan komputer ditinjau dari Hukum
Perdata, Hukum Pidana, dan Hukum Tata Negara. Dari bab lima hingga bab delapan
berisi uraian yang meliputi cara kerja komputer, bank data, otomatisasi oleh penguasa
hingga peran komputer di bidang pendidikan yang kesemuanya dapat menjadi titik
perhatian para ahli hukum maupun perancang undang-undang.
Akhirnya buku
ini lebih merupakan sumbang pemikiran agar ilmu hukum dan praktek hukum
mampu menjawab tantangan jaman karena masyarakat yang senantiasa berubah.
Abstrak
Informatif: Ikhtisar (Summary)
Abstrak yang
berbentuk ikhtisar sebenarnya sering digunakan para penulis dalam membuat
kutipan secara tidak langsung ataupun di dalam menyimpulkan suatu uraian. Sebagai
salah satu bentuk abstrak, ikhtisar juga merupakan penyajian singkat tentang
isi 4 tulisan namun tidak mempertahankan urutan bab-bab yang ada
seperti halnya pada ringkasan. Dengan demikian, problematika dan upaya
pemecahan yang tersaji dalam tulisan dijelaskan secara ringkas dan bebas
tanpa memberikan penjelasan mengenai isi dari seluruh tulisan secara
proporsional. Ilustrasi pun kadang juga diperlukan dalam sebuah ikhtisar.
Dari uraian
mengenai Abstrak, Ringkasan, dan Ikhtisar, maka dapat diketahui bahwa uraian
yang disajikan baik dalam bentuk ringkasan maupun ikhtisar sifatnya tidak
sesingkat abstrak. Selain gagasan utama yang dikandung dalam tulisan, pada
ringkasan maupun ikhtisar disertakan ilustrasi untuk menjelaskan aspek-aspek
yang dibahas dalam tulisan. Pada ringkasan sekalipun penyajiannya menurut
bab-bab yang ada, namun adakalanya mengabaikan bab yang kurang penting seperti
halnya pada penyusunan
ikhtisar.
Cara Membuat
Abstrak
1.
Imajinasi: Bayangkan kita sedang mempresentasikan abstrak pada konferensi,
untuk membagi prestasi kita. Cara ini dapat memberi motivasi dan mendorong
kita. Bila kita tidak dapat membayangkan kita di sana, tidak mungkin kita akan
ke sana!
2.
Buat jadwal: Sediakan waktu untuk merevisi abstrak sedikitnya lima kali. Jangan
baru mulai satu hari sebelum abstrak harus diajukan. Dan jangan lupa kita
mungkin akan membutuhkan bantuan untuk membuatnya dalam bahasa Inggris juga!
3.
Tinjau pekerjaan: Cari informasi yang lengkap mengenai proyek yang akan
dilaporkan. Baca laporan, wawancarai pelaku, sasaran, dll.
4.
Pilih titik utama: Pasti akan tersedia terlalu banyak informasi! Informasi ini
harus disaring beberapa kali. Pilih titik yang paling penting, dan buang yang
hanya menarik. Secara khusus, cari unsur utama:
masalah,
metode, hasil, kesimpulan, dan usulan/dampak.
5.
Buat draf: Buat naskah, sebaiknya tanpa baca laporan atau catatan. Jangan
sekadar mengambil kalimat kunci dari laporan; jangan sekadar memakai bentuk
laporan; hanya memberi informasi satu kali; hindari singkatan/bahasa LSM; coba
membuatnya persis dan jelas.
6.
Uji coba: Baca draf di depan teman, rekan atau keluarga.
7.
Draf ulang: Memperbaiki draf berulang kali, sedikitnya 2-3 kali. Minta komentar
dari rekan kerja. Setelah itu: perbaiki kelemahan dalam bentuk; perbaiki
hubungan logis antara bagian; hilangkan informasi yang tidak dibutuhkan; tambah
informasi baru yang dibutuhkan; hapuskan yang berteletele. Coba tidak melebihi
jumlah kata dalam bahasa Indonesia; bahasa Inggris biasanya sedikit lebih
singkat.
8.
Terjemahan: Setelah sudah baik dalam bahasa Indonesia, terjemahkannya (dengan
bantuan bila dibutuhkan). Jangan membiarkan penerjemah mengubah artinya.
9.
Periksa kembali: Cetak versi akhir, cek kembali sebelum dikirim
Dalam era persaingan kerja saat ini yang begitu pesat, suatu perusahaan harus mampu menyesuaikan kondisi perusahaan dengan persaingan yang ada. Yaitu dengan mempunyai karyawan – karyawan yang berkualitas dengan keterampilan yang bisa diandalkan untuk bisa masuk dalam era globalisasi pada persaingan sekarang ini. Bagi perusahaan yang sudah mempunyai mutu dan kualitas yang bagus di mata masyarakat pastilah hasil yang dicapainya itu merupakan sumber daya dari keterampilan – keterampilan yang ada pada diri karyawannya masing – masing. Oleh karena itu, apabila suatu perusahaan ingin mempunyai karyawan yang berkualitas, peranan pelatihan dalam suatu perusahaan itu sangatlah penting. Pelatihan yang dilakukan oleh perusahaan itu sendiri adalah untuk mengembangkan kemampuan karyawan untuk memenuhi tuntutan pekerjaan atau jabatan yang sedang dijalaninya saat ini. Program pelatihan merupakan salah satu unsur di dalam pengembangan karyawan, dengan ditingkatkannya pengetahuan dan keterampilan karyawan diharapkan program pelatiham dapat meningkatkan pula prestasi kerja karyawan yang pada akhirnya akan meningkatkan efisiensi perusahaan. Program pelatihan pada PT. Hutama Karya dilaksanakan dengan metode on the job training yang dilaksanakan oleh perusahaan itu sendiri dan off the job training yang dilaksanakan oleh lembaga diklat di luar perusahaan. Pelatihan yang ada pada PT. Hutama Karya ini menggambarkan bahwa pelatihan mempunyai hubungan untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan. Adapun kendala yang dihadapi adalah masalah dana. Dana yang diperlukan tidaklah sedikit, karena kebutuhan – kebutuhan lainnya juga perlu dibiayai. Perusahaan mengatasinya dengan cara menyusun program secara sistematik yang di dasarkan pada analisa jabatan.