Minggu, 24 April 2011

ORGANISASI

1. Apa yang dimaksud dengan organisasi?

Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material,mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.
Bentuk setiap perserikatan manusia dimana suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan dan kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama.

2. Mengapa seseorang memerlukan Organisasi?
Dengan berorganisasi seseorang dapat berinteraksi dengan semua struktur yang terkait baik itu secara langsung mupun secara tak langsung. 
Keterlibatan mental, pikiran, dan emosi atau perasaan seseorang dalam situasi organisasi (kelompok) akan mendorongnya untuk memberikan sumbangan kepada kelompok dalam usaha mencapai tujuan serta turut bertanggung jawab terhadap usaha yang bersangkutan. Dengan kata lain manusia adalah makhluk sosial yang tidak mungkin tidak berorganisasi.

3. Berapa organisasi yang pernah saudari ikuti? Berikan alasan dan beberapa pertimbangan menjadi Anggota kelompok tersebut?

Organisasi yang saya pernah ikuti cukuplah banyak. 
Berikut organisasi yang pernah saya ikuti:
PRAMUKA . Organisasi Praja Muda Karana yang diikuti oleh semua kalangan baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun lansia. Orang tua menganjurkan saya mengikuti organisasi ini untuk membentuk kepribadian saya yang mandiri, disiplin, tanggung jawab dan pandai bersosialisasi dalam suatu kelompok. Diorganisasi ini saya ikuti saat menginjak Sekolah Dasar kelas 4. Sebagai anggota pramuka saya turut mengisi kegiatan sosial, naik gunung, camping dan kegiatan lainnya. Untuk mengikuti organisasi ini dianjurkan kepada setiap calon anggota mendaftar terlebih dahulu, lalu dengan aktif mengikuti pelatihan.

PMR . Organisasi Palang Merah Remaja ini saya ikuti demi meningkatkan nilai solidaritas dalam menjunjung tinggi rasa saling tolong menolong antar manusia. Saya ikuti semenjak saya duduk di bangku SMP. Pengalaman pertama saat SMP saya menjabat sebagai seksi Humas, yaitu sebagai orang yang memiliki tugas mengecek pasien sekolah yang tidak masuk, yang dimaksud adalah pasien yang sedang dalam perawatan dan tidak lupa menjaga kunci ruang kesehatan yang sudah difasilitasi oleh sekolah.

PADUAN SUARA organisasi yang saya ikuti mulai dari SD, SMP, dan SMA. Organisasi tersebut diikuti dengan maksud mengasah kemampuan vocalisasi saya, menambah teman.
Untuk mengikuti organisasi tersebut dibutuhkan beberapa syarat:
  • Kemampuan nada solmisasi
  • Seleksi suara alto dan sopran
  • Aktif mengikuti latihan
Tidak diperlukan syarat yang rumit karena organisasi padus di sekolah masih bersifat syarat saja.

PENCAK SILAT organisasi ekstrakulikuler yang ikuti saat menginjak bangku SD dan SMA. 
  • SD sebagai anggota bersabuk hijau Perguruan SAPU JAGAT dengan tingkatan sabuk merah-putih-hijau-biru-coklat-merah bergaris 1 -hitam. Pernah mengisi acara Kesenian Sunda dengan memainkan satu aksi TGR(Tunggal) bersama dengan anggota lainnya
  • SMA sebagai anggota bersabuk biru dengan tingkatan sabuk kuning-merah-hijau-putih-coklat-merah besar-hitam di Perguruan BASKARA DOMASPerguruan ini pernah mendapatkan 1 medali emas TGR,tingkat Nasional, 1 medali emas Ganda tingkat Jabar dan 1 medali perunggu tingkat Jabar di Bandung, medali emas dan perak Tunggal tingkat Jabar.
Kegiatan tersebut saya ikuti demi meningkatkan rasa percaya diri dan disiplin untuk hidup mandiri. Ikut turut dalam melestarikan bela diri budaya Indonesia.
berikut syarat menjadi seorang anggota PSSI (Pencak Silat Seluruh Indonesia).

kemanusiaan antara pelbagai aliran dengan memegang teguh asas kekeluargaan, persaudaraan dan kegotong royongan



DREAMS BAND kegiatan musik ini pun bisa dikatakan sebagai organisasi yang di ciptakan beberapa orang untuk mencapai tujuan yaitu sebagai Band yang dapat dikenal oleh masyarakat luas. Sayangnya group musik yang dinamakan DREAMS ini hanya bertahan selama 2 tahun. Dalam band ini saya sebagai pemain gitar 2 + lead vocal. Band ini dibentuk oleh beberapa siswa SMA NEGERI 1 CIAWI dibawah bimbingan guru Seni&Budaya untuk mewakili berbagai kegiatan yang mewakili nama sekolah tersebut. Berikut prestasi yang pernah kami raih:
  1. Juara 1 Band terbaik se-Kabupaten Bogor (sekolah) tahun 2007
  2. Juara 4 Band se-Jabar di bandung (sekolah) tahun 2007
  3. 3 dari 10 besar Band yang terpilih atas kerjasama GRAMEDIA bogor untuk mendapat kesempatan rekaman dengan label SNGKASA production. tahun 2008 (tidak kami tandatangani kontrak tersebut dikarenakan dana yang harus disediakan adalah 800 rb rupiah)
  4. Sebagai band tamu dalam acara FESTIVAL FILM DOKUMENTER di Kemuning Gading Balaikota Bogor. tahun 2008
  5. Juara 1 lagu terbaik Festival Music (Pensi) di SMA. tahun 2009
  6. Juara 1 band terbaik Festival Music (Pensi) di SMA. tahun 2009
  7. dan lain-lain
Band tersebut diikuti selain kesenangan dan rasa cinta saya terhadap musik yaitu mengasah kemampuan bermusik saya, menambah teman untuk sharing ilmu, juga bersaing positif untuk mencoba menjadi Band terbaik.

PADUAN SUARA DARMAGITA UNIVERSITAS GUNADARMA organisasi ini saya ikuti hanya 1 tahun dikarenakan fisik yang lemah dan orang tua yang kurang mendukung. Kebanggaan terbesar adalah disaat saya dipilih untuk mengiringi anggota dalam konser mini calon anggota Padus Darmagita dan mengiringi latihan anggota Padus walaupun hanya 2 lagu itu merupakan hal yang paling membanggakan dapat menunjukkan skill bermain piano saya dihadapan senior-senior lain
Untuk mengikuti Organisasi tersebut tidak lah susah, dibutuhkan beberapa syarat yaitu:
  • Seleksi nada solmisasi
  • Pembagian Nada suara baik Sopran (suara tinggi untuk perempuan), Alto (suara rendah untuk perempuan), Tenor (suara tinggi untuk pria) dan Bass (suara rendah untuk pria).
  • Seleksi calon anggota dilihat dari keaktifan dalam berlatih selama 3 bulan.
  • Mengikuti wajib pelantikan selama 4 hari 3 malam untuk melatih mental, dan fisik.

4. Buatlah Struktur organisasinya kemudian jelaskan Jabatan, tugas, kewajiban dari masing-masing yang ada dalam struktur organisasi tersebut.

  • Ketua
Bertugas sebagai penanggung jawab dari semua kegiatan dan melindungi semua anggotanya. Mempunyai hak mengatur, memberi tugas kepada bawahannya dan anggotanya demi berjalannya kegiatan dan organisasi tersebut dengan lancar.
  • Wakil Ketua
Berbeda denganketua, wakil ketua mempunyai kewajiban menggantikan tugas ketua disaat ketua tidak dapat hadir. wakil ketua mempunyai hak menegur ketua apabila terdapat kesalahan dalam tanggung jawab yang sedang ketua jalankan.'
  • Sekertaris
Bertugas sebagai pencatat dan mencatat semua jalannya acara, kebutuhan, dll dengan tanggung jawab menjaga rahasia pembukuan.
  • Bendahara
Bertugas sebagai pemegang uang organisasi tersebut. Dengan tanggung jawab menyimpan uang tersebut tanpa ada kurang.
  • Humas
Bertugas mengontrol jalannya kegiatan. Bertanggung jawab apabila terdapat kesalahan dalam kegiatan tersebut
  • Keamanan
Bertugas sebagai pengaman demi berjalannya kegiatan dan organisasi yang lancar. Tanggung jawab yang dimiliki oleh keamanan adalah menghandle agar tidak ada pihak yang membuat jalan acara terganggu
  • Anggota
Bertugas mengikuti jalannya kegiatan dalam organisasi tersebut. Bertanggung jawab mendengar dan melaksanakan perintah dari ketua.