Minggu, 24 April 2011

ORGANISASI

Manusia adalah makhluk sosial cenderung untuk hidup bermasyarakat serta mengatur dan mengorganisasi kegiatannya dalam mencapai suatu tujuan tetap keterbatasan kemampuan menyebabkan mereka tidak mampu mewujudkan tujuan tanpa adanya kerjasama. Hal itu sangat mendasari manusia untuk hidup berorganisasi.


Ciri-ciri organisasi:
  1. Lembaga sosial yang terdiri atas kumpulan orang yang berbagai pola interaksi yang ditetapkan
  2. Dikembangkan untuk mencapai tujuan
  3. Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun
  4. Instrumen sosial yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi
Sebagai makhluk sosial saya pun turut diri dalam berbagai organisasi. Berikut organisasi yang pernah saya ikuti:

PRAMUKA organisasi ini saya ikuti saat menginjak Sekolah Dasar kelas 4. Sebagai anggota pramuka saya turut mengisi kegiatan sosial, naik gunung, camping dan kegiatan lainnya.

PMR organisasi ini saya ikuti di SMP. Pengalaman pertama saat SMP saya menjabat sebagai seksi Humas, yaitu sebagai orang yang memiliki tugas mengecek pasien sekolah yang tidak masuk, yang dimaksud adalah pasien yang sedang dalam perawatan dan tidak lupa menjaga kunci ruang kesehatan yang sudah difasilitasi oleh sekolah.

PADUAN SUARA organisasi yang saya ikuti mulai dari SD, SMP, dan SMA. Berikut secara rincinya:
  • SD saya sebagai anggota pernah mengikuti kegiatan Upacara se-Kabupaten Bogor, lomba Padus tingkat SD se-Kecamatan Ciawi walaupun tidak mendapatkan prestasi saya tetap bangga dapat mewakili sekolah
  • SMP kelas 2 saya sebagai anggota dan setelah naik kelas 3 saya menjabat sebagai Keyboardis atau pengiring. Keberuntungan telah didapatkan SMP Negeri 1 Ciawi, kami pernah mendapatkan juara 4 pada lomba Upacara tingkat SMP sebagai Paduan Suara terbaik.
  • SMA mulai dari kelas 1 hingga kelas 3 saya sudah menjabat sebagai pengiring Paduan Suara (dengan alat musik Keyboard dan Gitar), dengan ditambahnya tugas dari pembina sebagai penanggung jawab latihan saat naik kelas 3 yaitu mengatur jadwal latihan setiap minggunya, membantu pembina melatih anggota dan mengiringi lagu sungguhlah suatu pekerjaan yang tidak mudah tapi menyenangkan. Disini lah saya mendapat pengalaman yang sangat besar, yaitu bagaimana saya bersosialisasi dengan anggota yang lebih muda.
PENCAK SILAT organisasi ekstrakulikuler yang ikuti saat menginjak bangku SD dan SMA. 
  • SD sebagai anggota bersabuk hijau Perguruan SAPU JAGAT dengan tingkatan sabuk merah-putih-hijau-biru-coklat-merah bergaris 1 -hitam. Pernah mengisi acara Kesenian Sunda dengan memainkan satu aksi TGR(Tunggal) bersama dengan anggota lainnya
  • SMA sebagai anggota bersabuk biru dengan tingkatan sabuk kuning-merah-hijau-putih-coklat-merah besar-hitam di Perguruan BASKARA DOMASPerguruan ini pernah mendapatkan 1 medali emas TGR,tingkat Nasional, 1 medali emas Ganda tingkat Jabar dan 1 medali perunggu tingkat Jabar di Bandung, medali emas dan perak Tunggal tingkat Jabar.
DREAMS BAND kegiatan musik ini pun bisa dikatakan sebagai organisasi yang di ciptakan beberapa orang untuk mencapai tujuan yaitu sebagai Band yang dapat dikenal oleh masyarakat luas. Sayangnya group musik yang dinamakan DREAMS ini hanya bertahan selama 2 tahun. Dalam band ini saya sebagai pemain gitar 2 + lead vocal. Band ini dibentuk oleh beberapa siswa SMA NEGERI 1 CIAWI dibawah bimbingan guru Seni&Budaya untuk mewakili berbagai kegiatan yang mewakili nama sekolah tersebut. Berikut prestasi yang pernah kami raih:
  1. Juara 1 Band terbaik se-Kabupaten Bogor (sekolah) tahun 2007
  2. Juara 4 Band se-Jabar di bandung (sekolah) tahun 2007
  3. 3 dari 10 besar Band yang terpilih atas kerjasama GRAMEDIA bogor untuk mendapat kesempatan rekaman dengan label SNGKASA production. tahun 2008 (tidak kami tandatangani kontrak tersebut dikarenakan dana yang harus disediakan adalah 800 rb rupiah)
  4. Sebagai band tamu dalam acara FESTIVAL FILM DOKUMENTER di Kemuning Gading Balaikota Bogor. tahun 2008
  5. Juara 1 lagu terbaik Festival Music (Pensi) di SMA. tahun 2009
  6. Juara 1 band terbaik Festival Music (Pensi) di SMA. tahun 2009
  7. dan lain-lain
PADUAN SUARA DARMAGITA UNIVERSITAS GUNADARMA organisasi ini saya ikuti hanya 1 tahun dikarenakan fisik yang lemah dan orang tua yang kurang mendukung. Kebanggaan terbesar adalah disaat saya dipilih untuk mengiringi anggota dalam konser mini calon anggota Padus Darmagita dan mengiringi latihan anggota Padus walaupun hanya 2 lagu itu merupakan hal yang paling membanggakan dapat menunjukkan skill bermain piano saya dihadapan senior-senior lain


Pengalaman berorganisasi diatas merupakan contoh betapa pentingnya manusia berorganisasi demi mengasah kemampuan bersosialisasi maupun kemampuan yang lain. Selain itu Blog, Facebook, Twitter juga termasuk fasilitas organisasi masyarakat Indonesia yang sekarang sangat sering dikunjungi.